Kamis, 10 November 2016

BAB 1 MATKUL JARINGAN KOMPUTER


Ruang Lingkup Mata Kuliah

      Jaringan computer (computer network) adalah hubungan dua buah computer atau lebih yang bertujuan melakukan pertukaran data dengan mudah. Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja.

Ruang Lingkup Mata Kuliah

      Server merupakan pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja (workstation). Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur kegiatan pengguna computer atau pemakai (user), dan memonitor kerja dari beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi mengatur pemakai computer dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) 
File server berfungsi untuk menangani (file) yang dapat diakses oleh client.
b) 
Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) 
Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) 
Mail server berfungsi menangani surat elektronik.

      Client adalah perangkat yang akan terhubung ke jaringan. Kebanyakan client tentu saja berupa computer, tetapi dapat juga berupa perangkat keras lainnya. Seperti printer dan scanner. Kadang-kadang pemakai computer disebut juga client. Ketika client meminta informasi, server akan memberikan tanggapan dengan cara memberikan salinan informasi yang diminta oleh client.
Agar proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di anatara server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi. Protokol tersebut berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua computer tersebut saling berkomunikasi dengan baik.

 
Konsep Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Jaringan komputer : hubungan antara beberapa komputer untuk saling berbagi pakai.
• Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, internet, folder,desktop
• Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
• Akses informasi: contohnya web browsing
Tipe – tipe jaringan
1. WAN (Wide Area Networking)
2. MAN (Metropolitan Area Networking)
3. LAN (Local Area Networking)
4. Wireless Fidelity (Wi-fi)



Konsep Jaringan Komputer


WAN (Wide Area Networking)

Merupakan hubungan antara beberapa komputer yang sifatnya beda negara. Contohnya adalah komputer yang berada di Indonesia berhubungan dengan komputer yang ada di Washington DC, US.

Teknis Hubungan WAN :

1. Line Telephone

a. PSTN (Public Service Telephone Network)

Perangkat : Modem Dial Up ---> analog

b. ISDN (Integrated Service Digital Network)

Perangkat : NT1 / E1 + TA (Terminal Adapter) ---> digital

c. LC (Lease Connection) or Lease Line

Perangkat : Router WIC Modular ---> digital

d. LTLR (Line Telephone Lintas Radio)

2. VPN (Virtual Private Network)

Menghubungkan jaringan komputer menggunakan internet

• ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line) : Downstreaming > Upstreaming

• SDSL (Symetric Digital Subcriber Line) : Downstreaming = Upstreaming

3. HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)

4. GSM (Global System for Mobile Communication) : 3G



Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer


      Berbagi Sumber Daya Pengguna jaringan computer memungkinkan pemakai computer dapat mengakses suatu computer,printer,hard disk, dan perangkat keras lainnya secara bersama-sama. Artinya , satu perangkat keras dapat dipakai bersama-sama oleh semua pengguna dalam satu jaringan.
• Sarana Komunikasi
Dengan adanya dukungan jaringan computer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai computer dapat mengirimkan surat elektronik (e-mail) dengan mudah.
• Integrasi Data
Proses Pertukaran data dengan menggunakan jaringan computer memungkinkan pengolahan data dapat dilakukan dan didistribusikan ke beberapa computer. Adanya proses ini mengakibatkan terjadinya integrasi data yang dapat diakses secara cepat,tepat, dan akurat.
• Keamanan Data
Jaringan computer dapat menyebabkan penyebaran virus secara merata kesemua computer. Hal ini dapat di cegah dengan menanamkan antivirus di
computer
• Efisiensi Sumber Daya
Adanya sharing resources atau berbagi perangkat keras dapat menghemat biaya pengadaan perangkat keras.



PERBANDINGAN BIAYA

      para netter Indonesia saat ini dan mungkin beberapa tahun lagi masih cukup malang. Selain kecepatan yang cukup lemot, ternyata biaya layanan internet di Indonesia cukup mahal. Dengan kecepatan rata-rata 256 kbps, para pengguna internet Indonesia harus membayar sekitar Rp 150.000 per bulan (asumsi kuota internet unlimited). Ini  berarti biaya akses internet Indonesia Rp 585.000/Mbps/bulan. Bagaimana dengan Jepang?

      Dengan menikmati kecepatan rata-rata 15 Mbps, netter Jepang hanya merogoh sekitar 5000-6000 yen per bulan atau sekitar Rp 450.000 hingga Rp 550.000 per bulan. Angka ini sama dengan Rp 33.000/Mbps/bulan. Dari angka absolut saja, biaya internet Indonesia 17 kali lebih mahal dibanding Jepang. Ini belum dihitung daya beli masyarakat Jepang yang sangat tinggi.

      Dengan memperhitung daya beli masyarakat Jepang dan income per capitanya terhadap Indonesia, maka perbandingan biaya internet terhadap layanan Indonesia memang sangat buruk. Dengan income per kapita 16 kali lebih besar daripada penduduk Indonesia, orang Jepang menikmati akses internet sekitar 1/250 lebih murah dengan Indonesia. Angka ini berasal dari hitungan kasar saya : Biaya per Mbps/bulan X perbandingan income perkapita (17×16=272, dan saya bulatkan 250 kali). Jadi, biaya internet Indonesia sekitar 250 kali lebih mahal dibanding Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar